Terima kasih telah mengunjungi kami, berkat Tuhan kiranya menjadi milik kita semua

Kita adalah hamba-hamba yang tak berguna Jika kita tidak bersama Tuhan

Senin, 02 Agustus 2010

SAAT YESUS DATANG BAGIMU

Setelah tahun-tahun mengalami perlakuan buruk, Armando Valladare menjadi seperti suatu bayangan yang timpang dan kurus dari dirinya yang dulu. Dia menjalani hukuman 30 tahun di salah satu penjara Castro karena berdoa di sebuah gereja pada hari Natal. Petugas penjara tidak memberinya makanan, menyiksa, dan mempermalukan dia, tetapi dia menolak untuk menyerahkan keyakinannya.

Sesuatu telah membuat dia tetap bertahan: sebuah janji yang dia buat kepada seorang wanita muda bernama Martha. Mereka bertemu dan jatuh cinta ketika dia berada di penjara. Wanita itu tertarik secara mendalam kepada keyakinannya yang penuh semangat. Segera setelah pasangan itu menikah dalam sebuah upacara sipil di halaman penjara, Martha dipaksa berimigrasi ke Miami.

Perpisahan mereka sangat menyedihkan. Tetapi Armando mengatur untuk menyelundupkan keluar sebuah janji kepada kekasihnya. Pada sebuah lembaran kertas sisa yang kecil dia menulis dengan tergesa-gesa janjinya: "Saya akan datang kepadamu. Bayonet yang melintang di atas punggung saya tidak akan menjadi masalah lagi."

Narapidana ini berketetapan bahwa dia dan Martha akan membuat janji perkawinan mereka di sebuah gereja di depan Tuhan. Suatu hari pertemuan mereka akan terjadi. "Kamu selalu bersama saya," katanya.

Janji Armando membuat dia bertahan melalui tahun-tahun perlakuan yang buruk yang dapat saja menghancurkan semangat kebanyakan pria. Dan hal itu membuat Martha tetap bertahan. Dia bekerja tanpa kenal lelah untuk menarik perhatian umum kepada penderitaan suaminya. Dia tidak pernah menyerah.

1. JANJI

Seringkali kita tergoda untuk meragukan, akankah Kristus benar-benar suatu hari turun dari langit yang biru ini untuk sebuah reuni yang indah? Kita telah dipisahkan sekian lama. Sebuah akhir yang membahagiakan dari sejarah bumi yang lama dan tragis sepertinya terlalu indah untuk menjadi kenyataan. Tetapi ada satu hal yang dapat menghidupkan keyakinan di dalam hati kita. Dan hal itu semata-mata adalah janji Yesus untuk kembali. Sesaat sebelum meninggalkan pengikutNya menuju surga, Yesus membuat janji ini:

"Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada." - Yohanes 14:1-3.
(Selain disebutkan lain semua teks Alkitab di dalam panduan Penjelajah diambil dari Alkitab keluaran Lembaga Alkitab Indonesia).

Sebelum Yesus naik ke surga, Dia meyakinkan pengikut-pengikutNya, "SAYA AKAN KEMBALI." Dia berjanji untuk kembali dan membawa semua yang percaya kepadaNya ke tempat yang istimewa yang telah Dia persiapkan untuk kita. Alkitab membicarakan kedatangan-Nya yang kedua kali kira-kira 2500 kali. Fakta bahwa Yesus akan datang ke dunia untuk kedua kalinya adalah pasti seperti kenyataan bahwa Dia hidup di bumi ini 2000 tahun yang lalu.

Dulu Allah menjanjikan seorang Juruselamat akan datang, seorang Penyelamat yang mau menanggung kejahatan-kejahatan kita dan menyediakan pengampunan untuk dosa manusia. Janji itu kelihatannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan di zaman dahulu yang penuh kekerasan selama hidupnya. Tetapi Yesus datang dan mati di kayu salib. Janji itu menjadi kenyataan secara lebih agung dibandingkan dengan apa yang dapat dibayangkan manusia. JanjiNya untuk kembali akan menjadi kenyataan juga.

Kita dapat mengandalkan Dia yang mencintai kita, untuk kembali dan mengumpulkan mereka yang telah Dia bayar dengan harga yang tinggi. Melalui masa-masa hidupnya di dalam penjara, Armando terus menyelundupkan puisi-puisi, pesan, dan gambar-gambar kepada Martha. Dan Martha mengusahakan untuk mempublikasikan beberapa tulisannya. Tulisan mereka yang menyentuh menarik perhatian dunia. Pemerintah-pemerintah mulai menekan Castro untuk melepaskan narapidana hati nurani. Presiden Perancis mengintervensi dan akhirnya di bulan Oktober 1982 Aramandi ditempatkan di sebuah pesawat menuju ke Paris. Dia sangat sukar percaya bahwa dia telah bebas bahkan setelah pesawat mendarat.

Tetapi kemudian, setelah dua puluh tahun masa penantian yang panjang dan sengsara dan rindu, Armandi berlari ke dalam pelukan Martha. Beberapa bulan kemudian pasangan yang bahagia ini berdiri di Gereja St. Kieran-Miami dan mengulangi janji perkawinan mereka. Akhirnya pertemuan mereka lengkap. Janji telah dipenuhi: "Saya akan datang menemuimu." Dapatkah anda bayangkan pertemuan indah yang akan terjadi saat kita akhirnya bisa melihat Yesus dari muka ke muka?

Penampilan-Nya yang penuh keagungan akan menelan semua rasa frustrasi dan penderitaan kita, menghapus semua kepahitan yang kita sembunyikan di dalam hati. Kembalinya Yesus akan memenuhi kerinduan kita yang terdalam dan pengharapan yang paling besar. Dan kita akan berangkat menuju sebuah pertemuan intim yang abadi dengan satu pribadi yang paling menakjubkan di alam semesta. Yesus akan datang segera! Apakah anda rindu untuk menemui Dia?

2. BAGAIMANAKAH YESUS AKAN DATANG?

(1) Akankah Yesus datang secara diam-diam?
"Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya. Sebab SAMA SEPERTI KILAT MEMANCAR dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, DEMIKIAN PULALAH KELAK KEDATANGAN ANAK MANUSIA." - Matius 24:25-27.

Pancaran kilat sangat jelas dari jarak yang jauh, jadi kedatangan Yesus tidak akan menjadi semacam kejadian yang rahasia atau subyektif.

(2) Akankah Yesus datang lagi sebagai pribadi yang nyata?
"Ketika mereka (pengikut Yesus) sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata, "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke surga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke surga." - Kisah Para Rasul 1:10-11.

Pada hari keberangkatanNya dari bumi kita, para malaikat memastikan kepada para murid bahwa Yesus yang sama yang diangkat ke surga- bukan orang lain-akan datang kembali di dalam pribadi sebagai Raja atas segala Raja. Yesus yang sama yang menyembuhkan sakit dan membuka mata yang buta. Yesus yang sama yang berbicara secara lembut kepada wanita yang terlibat dalam percabulan. Yesus yang sama yang menghapus airmata orang yang berduka dan mengundang anak-anak ke dalam pelukan-Nya. Yesus yang sama yang mati di salib Calvari, beristirahat di dalam kuburan, dan bangkit dari kematian pada hari ke-tiga.

(3) Akankah Yesus datang sehingga kita bisa melihat Dia?
"Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan SETIAP MATA AKAN MELIHAT DIA, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, Amin." - Wahyu 1:7.

Semua yang hidup pada saat Yesus datang kembali, baik yang benar dan yang jahat, akan menjadi saksi kedatangan-Nya. Berapa banyak Yesus sendiri katakan yang akan melihat kedatangan-Nya?

"Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan SEMUA BANGSA DI BUMI akan meratap dan MEREKA AKAN MELIHAT Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemulian-Nya." - Matius 24:30.

Setiap orang yang hidup di bumi kita akan melihat Yesus datang kembali.

(4) Siapa yang akan menemani Yesus pada saat Dia datang?
"Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas Takhta Kemuliaan-Nya." - Matius 25:30.

Bayangkan akan seperti apa saat Yesus kembali dalam seluruh kemuliaan-Nya dikelilingi oleh seluruh malaikat.

(5) Dapatkah kita meramalkan secara tepat waktu kedatangan Yesus?
"Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri.... Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga." - Matius 24:36, 44.

Setiap orang akan melihat Yesus yang mulia tiba, tetapi banyak yang tidak akan siap untuk itu. Apakah anda pribadi siap untuk Yesus datang?
3. APA YANG AKAN YESUS LAKUKAN SAAT DIA DATANG KEMBALI?
(1) Yesus akan mengumpulkan semua yang selamat (terpilih)
"Dan Dia akan menyuruh keluar malaikat-malaikatNya dengan meniup sangkakala yang dashyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihanNya dari keempat penjuru dunia, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain." - Matius 24:31.
Jika anda telah mengijinkan Yesus menyiapkan anda dalam hidup dan hati, anda akan menyambut Dia dengan sukacita sebagai Juruselamat anda.

(2) Yesus akan membangkitkan orang-orang benar yang mati.
"Sebab pada waktu tanda diberi, yaiitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan MEREKA YANG MATI DALAM KRISTUS AKAN LEBIH DAHULU BANGKIT." - 1 Tesalonika 4:16.

Yesus turun dari sorga dengan sebuah seruan. Suara-Nya yang megah terdengar di seluruh dunia. Suara itu membuka peti mati di setiap kuburan dan membangkitkan jutaan orang yang telah menerima Yesus sepanjang zaman. Betapa itu akan menjadi hari yang menyenangkan!

(3) Yesus akan mengubahkan semua yang benar pada saat kedatanganNya, bukan saja orang benar yang mati, juga orang benar yang hidup.

"Sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, AKAN DIANGKAT BERSAMA-SAMA DENGAN MEREKA dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan." - Ayat 17.

Untuk menyiapkan kita kepada keabadiaan, Kristus mengubah tubuh fana yang dapat mati menjadi tubuh abadi yang indah.

"Sesungguhnya Aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi KITA SEMUANYA AKAN DIUBAH, dalam sekejab mata, PADA WAKTU BUNYI NAFIRI YANG TERAKHIR. Sebab nafiri akan berbunyi dan ORANG-ORANG MATI AKAN DIBANGKITKAN DALAM KEADAAN YANG TIDAK DAPAT BINASA dan KITA SEMUA AKAN DIUBAH. Karena yang dapat binasa ini harus mengenakan yang tidak dapat binasa, dan yang dapat mati ini harus mengenakan yang tidak dapat mati." - 1 Korintus 15:51-53.
Pada saat Yesus datang, kita semua akan dirubah. Pikirkan saja tidak ada lagi radang sendi, kelumpuhan, atau kanker. Tutup semua rumah sakit dan rumah duka. Kristus telah datang!

(4) Yesus akan membawa semua orang benar ke surga.
Yesus Sendiri membuat janji, "Aku akan datang kembali dan membawa kamu bersama-Ku di dalam rumah Bapa-Ku" (lihat Yohanes 14:1-3). Petrus berbicara tentang warisan bagi orang yang ditebus "yang tersimpan di surga bagi kamu" (1 Petrus 1:4). Kita dapat menanti untuk menjelajahi keajaiban kota Tuhan, Yerusalem Yang Baru, dan mengenal Bapa kita di surga.

(5) Yesus akan mengenyahkan kejahatan dan penderitaan selamanya.
Orang jahat -yang secara terus menerus telah menolak semua tawaran Yesus akan kemurahan- sebenarnya menjatuhkan hukuman pada dirinya sendiri. Saat mereka menatap wajah Yesus yang datang ke arah mereka dari awan-awan, sebuah kesadaran mendadak akan dosa mereka terbukti sangat menyakitkan untuk dipikul, sehingga mereka menangis kepada gunung-gunung dan batu-batu.

"Runtuhlah menimpa kami dan sembunyikanlah kami terhadap Dia, yang duduk di atas Takhta dan terhadap murka Anak Domba itu." - Wahyu 6:16.

Mereka memilih menghadapi kematian daripada menghadapi pandangan Yesus yang dapat melihat semuanya. Mereka tahu bahwa suara yang sekarang bergemuruh dari langit pernah secara lembut memohon mereka untuk menerima kuasa kemurahan. Mereka yang menenggelamkan dirinya dalam kegilaan mencari uang atau kesenangan atau posisi sekarang menyadari mereka telah menolak satu-satunya hal yang paling bernilai di dalam hidup ini. Ini sebuah pengungkapan yang menghancurkan.

Sebenarnya, tidak satupun dari mereka perlu hilang. Tuhan sendiri tidak berkenan kepada kematian orang fasik (Yehezkiel 33:11). "Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat" (2 Petrus 3:9). Yesus memohon kepada kita, "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu." (Matius 11:28). Tetapi, sungguh tak dapat dipercaya, sebagian orang menolak undangan-Nya yang dermawan.
4. APAKAH ANDA SUDAH SIAP MENYAMBUT KEDATANGAN YESUS?

Yesus membayar mahal demi menjamin kita dengan sebuah masa depan yang mulia bersama-Nya "di dalam rumah Bapa-Ku". Yesus membayar dengan nyawa-Nya!

"Demikian pula KRISTUS HANYA SATU KALI SAJA MENGORBANKAN DIRI-NYA untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu IA AKAN MENYATAKAN DIRI-NYA SEKALI LAGI tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia." - Ibrani 9:28.

Juruselamat yang mati di kayu salib untuk menghapuskan dosamu akan muncul lagi "kedua kalinya", dan Dia akan "membawa keselamatan kepada mereka yang menantikan-Nya". Kristus mengorbankan diri-Nya sendiri untuk menawarkan keselamatan kepada kita masing-masing. Tetapi tanpa Kedatangan Kedua, salib itu akan menjadi sebuah kegagalan. Kristus ingin memberikan kita sebuah rumah yang aman dan abadi beersamaNya. Supaya hal itu bisa terjadi, kita harus mengijinkan Yesus untuk berkuasa di dalam hati kita sebagai Juruselamat dan Tuhan sekarang juga.

Di pagi tanggal 16 Agustus 1945, seorang anak lelaki berlari melalui markas Shantung di China Utara berteriak bahwa dia melihat sebuah pesawat di angkasa. Semua tawanan yang dapat berjalan berlari keluar dan melihat ke atas. Para pria dan wanita ini telah lama menderita selama bertahun-tahun oleh pengucilan, kekurangan, dan kecemasan, dipenjara oleh tentara Jepang karena warga negara musuh. Bagi banyak orang, hanya satu hal yang membuat mereka tetap hidup secara rohani: harapan bahwa suatu hari perang akan berakhir.

Sebuah cahaya menyorot ke arah 1500 tawanan yang hidup saat mereka menyadari pesawat ini mungkin datang untuk MEREKA. Pada saat dengungan pesawat semakin keras, seseorang berteriak, "Lihat, ada BENDERA AMERIKA dicat di samping pesawat!" Dan dalam pandangan ketidakpercayaan, suara-suara berteriak keluar, "Lihat, mereka MELAMBAI kepada kita! Mereka tahu siapa kita. Mereka datang untuk membawa kita."

Pada saat ini luapan kegembiraan melebihi rasa terkoyak, cemas, rindu rumah yang dapat mereka tanggungkan. Neraka telah hilang. Orang-orang berlari dalam lingkaran-lingkaran, berteriak sekuat mereka, melambaikan tangan mereka dan menangis.

Tiba-tiba kerumunan itu tersentak dan menatap dalam keheningan. Bagian bawah dari pesawat terbuka dan para pria mulai meluncur keluar dalam parasut. Penyelamat mereka bukan datang suatu hari nanti, mereka datang hari ini, SEKARANG di tengah-tengah mereka! Massa mendesak menuju pintu gerbang markas.

Tidak ada yang sempat berpikir akan senapan yang diarahkan ke bawah dari menara penjaga. Setelah bertahun-tahun frustasi dan kesepian, mereka menghancurkan gerbang dan bergegas berlari ke arah di mana para penerjun mendarat.

Segera aliran manusia ini berbalik dan mengalir kembali ke camp dengan para tentara di pundak mereka. Komandan camp menyerah tanpa perlawanan. Perang benar-benar telah berakhir. Kebebasan telah datang. Dunia menjadi baru lagi. Segera Tuhan kita, Juruselamat kita, akan turun dari awan-awan untuk menyelamatkan kita. Kisah mengerikan yang panjang dari sejarah kekejaman manusia akan berhenti.

Akan ada sorak kegembiraan pada hari itu, teriakan kesukaan pada saat kita akhirnya mengerti: "Kedatangan-Nya dekat sekali; saya dapat melihat para malaikat meniup terompet mereka." Suaranya semakin keras, awan-awan kemuliaan semakin cerah, sampai kita sulit untuk menahannya. Tetapi kita tidak dapat berhenti menatapnya saat kita menyadari: "Dia melihat saya. Dia tahu siapa saya." Kita akan tahu dengan kesukaan yang luar biasa: "Inilah Tuhanku. Dia datang untuk saya, bukan suatu hari nanti, tetapi hari ini, saat ini." Apakah anda siap untuk menyambut Raja dalam segala kemuliaan-Nya?

Jika tidak, undanglah Yesus secara pribadi ke dalam hidupmu sekarang juga. Bahkan sebagaimana kedatangan Yesus ke dunia kita akan memecahkan masalah dunia, kedatangan-Nya ke dalam hati anda akan membantu anda menghadapi masalah sehari-hari anda. Pemecah Masalah yang besar dapat mengangkat anda dari rasa bersalah dan beban dosa dan memberikan anda hidup yang abadi.

Kedatangan Yesus ke dalam sebuah kehidupan dapat selamanya merubahnya sedramatis kedatangan Yesus ke dunia untuk merubahnya. Anda dapat bersandar kepada Yesus. Dia akan mempersiapkan anda untuk kedatangan-Nya dan memberikan anda kepastian yang indah akan sebuah kehidupan yang bahagia selamanya.



Hak Cipta © 2002 oleh The Voice of Prophecy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar